Gemaksi

Gemaksi
Selamat Datang di Portal Berita Gemaksi

KATEKESE : Mengapa Harus Mengasihi?


Katekese :

http://gemaksinews.blogspot.co.id/



Jika manusia diciptakan dengan kodrat untuk dapat mengasihi Allah dan mengasihi sesama, maka pertanyaannya adalah “mengapa Allah menciptakan Manusia dengan kodrat seperti ini??”
Jawabannya adalah ; karena kita menemukan kebahagiaan kita di dalam kasih Tuhan, dan tidak ada di dalam hal-hal lain, seperti uang, kehormatan, kekuasaan, kesenangan, bahkan juga kebajikan. Maka kalau kita ingin mendapat penghiburan dan kekuatan di dalam hidup ini maka kita harus kembali kepada Tuhan.

Cobalah kita cari orang yang paling berbahagia di dunia; coba perhatikan, apakah dia mengasihi Tuhan??
Sebab jika dia tidak mengasihi Tuhan, ia sebenarnya tidak sungguh sungguh bahagia. Itulah sebabnya banyak di antara orang-orang yang demikian banyak melakukan hal-hal yang tragis dalam hidup mereka.

Sebaliknya, jika kita menemukan orang yang kelihatannya paling tidak bahagia di mata dunia, namun kalau ia mengasihi Tuhan, maka ternyata ia adalah orang yang paling bahagia dalam segala sesuatu. Maka sudah selayaknya kita berdoa memohon agar Tuhan membuka mata hati kita agar dapat mencari kebahagiaan di mana kita dapat sungguh menemukannya, yaitu di dalam Tuhan.

Alasan lain, mengapa Tuhan menciptakan manusia dengan kodrat untuk mengasihi adalah karena tanpa kasih, manusia tidak dapat mencapai Sorga. Begitu pentingnya kasih, sehingga rasul Yohanes mengatakan “Barang siapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut”. (1 Yoh 3:14b). dari ayat ini kita  dapat melihat bahwa untuk mendapatkan keselamatan, maka tidak ada cara lain, kecuali mengasihi.

St Agustinus menegaskan bahwa sama seperti manusia mempunyai dua kaki untuk berjalan, maka kita harus mengasihi Tuhan dan sesama untuk dapat berjalan mencapai Sorga. Sama seperti burung mempunyai dua sayap untuk dapat terbang, maka kita harus mengasihi Tuhan dan sesama untuk dapat Terbang menuju Sorga. Lebih lanjut dia menegaskan bahwa sama seperti orang-orang kudus di Sorga mengasihi Allah dan mengasihi sesamanya, maka kita juga harus melakukan hal yang sama di dunia ini untuk mendapatkan kebahagiaan.

Dari sini, kita dapat melihat bahwa mengasihi Tuhan dan Mengasihi sesama sesungguhnya tidak terpisahkan. Rasul Yohanes menegaskan “Jikalau seorang berkata :  “Aku mengasihi Allah”, dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barang siapa yang tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah yang tidak dilihatnya.” (1 Yoh 4:20).



Share this post :

Post a Comment

Like FansPage Kami

Statistik Blog

 
Support : Richardo Nelson | DownloadRPP | GEMAKSI
Copyright © 2015. Gerakan Pemuda Katolik Indonesia - All Rights Reserved
Template by GEMAKSI Modified by Gemaksi
Proudly powered by Blogger